Tanpa disadari Anda mungkin pernah mengalami sakit kepala, baik yang ringan sampai nyeri yang luar biasa. Tapi tahukah Anda kalau sakit kepala sendiri memiliki beragam jenis? Tentu saja cara menghadapinya pun berbeda. Jangan sampai Anda salah mengenali sehingga sakit bertambah parah. Untuk itu, yuk kenali jenis sakit kepala dan juga penyebabnya berikut ini.

Sakit Kepala #1 : Tension Headache

Sakit kepala yang satu ini dikarenakan adanya peningkatan ketegangan pada area otot-otot di daerah kepala dan leher. Gejala yang dirasakan pada sakit kepala Tension ini adalah, rasa sakit yang menyerang kedua sisi kepala (kanan dan kiri), bagian kening, serta terkadang menjalar sampai ke leher. Durasi sakit kepala bisa bervariasi, antara 30 menit hingga beberapa jam. Gejala lain yang terkadang ikut menyertai adalah rasa lelah berlebihan serta perasaan seperti terjerat tali pada area leher. Jika Anda sering mengalami sakit kepala tipe ini, selalu sediakan bodrex Extra yang diformulasikan khusus untuk meredakan sakit kepala mencengkram di kepala belakang seperti ini!

Sakit Kepala #2 : Cluster Headache

Mungkin jarang terdengar, namun sakit kepala jenis ini hanya menyerang titik tertentu, yaitu di sekitar atau di daerah belakang mata. Rasa sakit biasanya terasa tajam seperti menusuk, dan bisa meningkat intensitasnya dalam hitungan menit. Sakit kepala Cluster ini dapat membangunkan penderitanya di tengah malam karena rasa sakit yang hebat. Gejala lain yang bisa menyertai adalah hidung tersumbat, mata merah, serta perasaan resah. Meski belum diketahui secara pasti, kemungkinan karena kondisi bagian otak yang mengatur sistem hormon tubuh (hipotalamus) dalam keadaan abnormal.

Sebaiknya, segera konsultasikan sakit kepala cluster yang Anda rasakan ke dokter. Karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui letak dan diagnosa dari gejala sakit kepala yang dirasakan. Namun, jika sakit kepala tak tertahankan menyerang Anda tiba-tiba, segeralah minum bodrex untuk meredakan sakit kepala dimanapun dan kapanpun.

Sakit Kepala #3 : Migrain

Sakit kepala sebelah atau yang sering dikenal juga sebagai migrain, merupakan salah satu sakit kepala yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang.  Ciri khas sakit kepala migrain adalah rasa sakit yang berbentuk seperti denyutan—ringan hingga berat, pada daerah kepala. migrain bisa dialami pada salah satu sisi kepala saja atau kedua sisi kepala. Gejala lain yang bisa menyertai migrain adalah rasa mual, muntah, dan sensitivitas panca indera terhadap cahaya, suara, serta bau-bauan.

Perubahan hormon, konsumsi makanan dengan zat perasa tambahan, konsumsi minuman beralkohol atau berkafein, stres, aktivitas fisik yang terlalu berat, serta perubahan pada lingkungan dan pola tidur tidak teratur, adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan migrain. Untuk sakit kepala akibat migrain dapat ditangani dengan mengkonsumsi bodrex Migra yang bisa meredakan sakit kepala sebelah (migrain) dengan cepat tanpa disertai rasa kantuk, dalam setiap tabletnya mengandung formula triple action yang di formulasi khusus untuk mengatasi migrain. Minum bodrex Migra, sakit kepala sebelah cepat teratasi.

Sakit Kepala #4 : Sinus

Sakit kepala sinus kadang sering tertukar dengan sakit kepala migrain. Sakit kepala sinus disertai dengan sinusitis (peradangan pada selaput lendir), dan membuat nyeri yang mendalam di tulang pipi, dahi, atau hidung. Selain itu, penderitanya juga biasanya mengeluhkan demam, sakit telinga, batuk, serta hidung tersumbat.

Apabila pernah merasakan sakit kepala jenis sinus ini, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter THT. Tetapi, jika sakit kepala ini datang secara tiba-tiba di saat yang tidak terduga, segeralah minum bodrex. Mengandung paracetamol sehingga berfungsi sebagai analgesik yang cepat beraksi redakan sakit kepala yang disertai demam, bodrex dapat diminum kapan saja.

Anda tentunya diharapkan lebih kritis dengan mencari tahu, jenis sakit kepala apa yang biasanya dirasakan serta gejala-gejala apa saja yang menyertainya. Perhatikan pola hidup Anda sehari-hari, seimbangkan dengan pola konsumsi yang sehat, cukup tidur dan kurangi stres. Karena beda sakit kepala, beda obatnya. 

ARTIKELTERKAIT

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk
22-February-2018

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk - Yuk kupas tuntas seputar mitos atau fakta, konsumsi .... read more
Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi
15-February-2018

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi - gejala yang membedakan antara sakit kepala belakang (normal) dan darah tinggi. .... read more
4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho
10-February-2018

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho - untuk meredakan sakit kepala, tapi tentunya .... read more