Apakah sekarang Anda sedang berada dalam lingkungan yang rentan penyebaran flu? Di musim hujan ini Anda harus lebih berhati-hati dan mulai menjaga kekebalan tubuh. Jangan sampai Anda tertular penyakit dari penderita lain. Karenanya perhatikan hal-hal berikut ini untuk mencegah Anda tertular flu di musim hujan atau pancaroba ini.

Rajin Mencuci Tangan

Salah satu penularan kuman atau virus penyakit adalah dengan sentuhan, meski terkesan simpel, kebiasaan rajin mencuci tangan baik yang satu ini terbukti ampuh dalam hal mencegah pilek dan flu. Cucilah tangan Anda sesuai petunjuk yang baik dan benar, gunakan sabun dengan durasi mencuci minimal 20 detik untuk memperoleh perlindungan terbaik. Biasakan mencuci tangan secara rutin setiap sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau bahkan setelah memegang pegangan pada bus, KRL atau fasilitas umum lainnya. Apabila tidak ada wastafel didekat Anda, dapat pula digantikan dengan hand sanitizer yang tentunya lebih praktis. Kebiasaan ini terbukti mengurangi risiko infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit, termasuk flu.

Jauhi Paparan Dingin

Mengapa saat musim hujan sering menyebakan penyakit? Menurut peneliti di Yale University penurunan suhu yang tiba-tiba dari yang sebelumnya panas ke dingin akibat hujan, ikut memicu perubahan pada sistem imun. Di dalam tubuh, molekul yang seharusnya mengirim peringatan dan perintah bagi sel imun untuk melawan penyakit bisa mengalami penurunan fungsi akibat adanya hambatan pada protein khusus yang berfungi membunuh virus. Oleh karena itu, antisipasilah perubahan cuaca dengan mengenakan baju hangat ber-hoodie atau scarf lengkap dengan masker pelindung mulut dan hidung.

Hindari Merokok dan Asap Rokok

Menghirup asap rokok dapat membuat saluran pernapasan kering dan menurunkan kekebalan tubuh terhadap kuman penyakit di udara. Sebab, saluran pernapasan yang kering akan menghambat kerja lendir serta bulu-bulu halus pada rongga pernapasan yang justru sangat penting dalam menghalau kuman yang masuk dari hidung. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjauhi rokok dan asapnya guna mencegah pilek, flu, batuk dan penyakit lainnya.

Cukup Tidur

Bagi kalangan usia produktif, banyak penyakit yang sering muncul akibat kekurangan waktu istirahat. Sudah lelah akibat aktivitas di pagi hingga petang, kemudian dilanjutkan dengan tidur larut malam. Waktu tidur yang kurang memadai inilah yang kemudian membuat daya tahan tubuh menurun dan memperbesar peluang terserang virus influenza. Bila badan mulai terasa pegal-pegal, kepala pening, mata terasa panas, mulai bersin dan batuk-batuk kecil, kemungkinan hal tersebut merupakan gejala awal flu.

Tingkatkan Asupan Protein

Pastikan asupan protein Anda cukup karena protein adalah komponen penting dalam sistem daya tahan tubuh. Sumber protein yang baik untuk Anda konsumsi diantaranya ikan dan telur.

Berolahraga

Olahraga teratur penting untuk menjaga kesehatan, karena dapat melatih jantung dan paru-paru tubuh untuk berfungsi secara optimal. Lakukanlah latihan singkat dan sedang selama 150 menit per minggu atau lakukan latihan intensif lebih banyak selama minimal 75 menit.

Jaga kekebalan tubuh Anda dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas. Agar baik saat musim hujan atau peralihan, aktivitas Anda tidak terganggu akibat flu. Apabila Anda terserang flu dan batuk, percepat penyembuhannya dengan konsumsi obat yang tepat. Percayakan keluhan flu batuk kering atau berdahak Anda dengan bodrex Flu dan Batuk PE. Tersedia dalam dua varian; Flu dan batuk tidak berdahak serta Flu dan batuk berdahak. Formulanya yang efektif cepat atasi keluhan Anda.

ARTIKELTERKAIT

Terlalu Lama Berada di Ruangan AC dapat Menyebabkan Flu, Benarkah?
26-April-2018

Terlalu Lama Berada di Ruangan AC dapat Menyebabkan Flu, Benarkah?

Terlalu Lama Berada di Ruangan AC dapat Menyebabkan Flu, Benarkah? Mungkin seringkali kita mendengar jika terlalu lama berada di ruangan .... read more
Mata Berkunang-kunang Saat Sakit Kepala Sebelah
23-April-2018

Mata Berkunang-kunang Saat Sakit Kepala Sebelah

Mata Berkunang-kunang Saat Sakit Kepala Sebelah - Saat sakit kepala sebelah terjadi, aktivitas sehari-hari kita bisa jadi terganggu. Hal yang .... read more
Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa
19-April-2018

Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa

Di samping itu jika Anda merupakan pelanggan setia sakit kepala mencengkram alias yang termasuk tipe tension headache, selalu sediakan bodrex .... read more