Sakit kepala ada banyak macamnya. Selain migrain, Anda mungkin pernah juga mengalami sakit kepala mencengkram yang terasa sangat mengganggu khususnya pada kepala bagian belakang dan juga leher. Jangan remehkan sakit kepala yang Anda alami ya. Justru Anda perlu mengetahui penyebab dan ciri-ciri sakit kepala tersebut agar dapat ditangani dengan tepat. Di bawah ini terdapat beberapa penyebab sakit kepala belakang, mungkin salah satunya mirip dengan yang Anda alami?

Sakit kepala tegang

Penyebab: Kurang tidur, stres, tegang, dan rasa lapar bisa memicu sakit kepala tegang.

Durasi: Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau bagian belakang kepala dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari. Sakit kepala belakang karena tegang dapat terjadi secara periodik atau kurang dari 15 hari per bulan, ataupun kronis yang menyerang lebih dari 15 hari per bulan.

Solusi: Meskipun biasanya tidak sampai menghambat aktivitas, namun cukup menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika Anda sudah mengetahui pemicunya, misalnya kurang tidur, maka lakukan penanggulangannya dengan beristirahat sejenak. Jika penyebabnya lapar, maka segeralah makan, dan sebagainya.

Sakit kepala harian kronis

Penyebab: Sakit kepala harian kronis terjadi dipicu oleh cedera pada leher ataupun kelelahan yang teramat sangat sehingga syaraf otot di sekitar leher menjadi sangat tegang. Postur tubuh yang salah saat bekerja juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Durasi: Hampir setiap hari selama 3 bulan.

Solusi: Lakukan fisioterapi gangguan fisik yang terjadi di bagian leher teratasi sampai tuntas.

Sakit kepala exertional

Penyebab: Sakit kepala ini dipicu oleh aktivitas fisik yang berat, misalnya berolahraga, berhubungan seks, batuk atau mengencangkan otot perut saat susah buang air besar.

Durasi: sekitar 20 menit.

Solusi: Hentikan aktivitas pemicu sakit kepala yang sedang Anda lakukan dan beristirahatlah sejenak.

Migrain Basilar

Penyebab: Jika selama ini migrain dikenal sebagai sakit kepala sebalah yang berada di sisi kanan atau kiri kepala, maka migrain basilar justru terasa pada belakang kepala, tepatnya pada arteri basilar. Gejalanya yang dialami sama seperti migrain pada umumnya. Kurang tidur dan stres disinyalir sebagai pemicu dari jenis sakit kepala ini.

Durasi: jika tidak ditangani migrain basilar bisaberlangsung dalam beberapa jam atau bahkan beberapa hari.

Solusi: Mengonsumsi obat sakit kepala adalah cara terbaik untuk meredakan migrain basilar, namun jika sakit kepala tidak kunjung hilang, maka Anda harus memeriksakannya ke dokter karena gejala penyakit ini mirip dengan gejala penyakit lain yang lebih parah misalnya stroke, meningitis, dan tumor otak.

Beda sakit kepala, tentu beda obatnya. Jika sakit kepala bagian belakang menyerang, segera minum bodrex Extra yang mampu mengatasi sakit kepala mencengkram di bagian leher dan belakang kepala dengan cepat.

ARTIKELTERKAIT

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex
28-November-2017

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex - Sakit kepala bisa datang menyerang siapa saja,termasuk ibu menyusui. Jika sudah begitu, rasanya serba .... read more
Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu
27-November-2017

Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu

Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu - Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan peradangan sehingga membuat flu dan batuk Anda bertambah .... read more
Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala
24-November-2017

Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala

Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala - Coba lihat daftar aksesori di bawah ini, apakah Anda pernah .... read more