Saat sedang sakit, tanpa sadar Anda sering bersikap berbeda dari biasanya. Perilaku berbeda yang Anda tunjukkan selama sakit. Padahal perilaku sakit tersebut, seringkali tidak berkaitan langsung dengan rasa sakit yang Anda alami. Nah coba lihat beberapa perilaku sakit berikut ini. Apakah Anda pernah melakukannya?

Terlalu banyak tidur

Saat sakit, Anda memang perlu banyak beristirahat untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun sayangnya, banyak orang yang justru menjadikan momen sakit sebagai alasan untuk ‘bermalas-malasan’. Padahal tubuh juga tidak boleh terlalu dimanjakan. Artinya, saat kondisi tubuh sudah mulai membaik, Anda justru harus bangkit dari tempat tidur dan bergerak. Misalnya melakukan peregangan dan membiarkan diri Anda terkena sinar matahari (walau hanya di halaman rumah). Dengan begitu, Anda akan lebih cepat pulih ketimbang hanya tidur sepanjang hari.

Ingin selalu ditemani

Orang sakit biasanya memang lebih bergantung kepada orang-orang di sekitarnya. Memang rasannya lebih aman dan nyaman saat ada orang yang bisa diandalkan di sisi kita. Namun lihat-lihat situasi ya, jangan sampai Anda justru jadi merepotkan orang lain, apalagi jika sakit yang diderita sebenarnya tidak terlalu parah. Sebaiknya, cobalah lakukan sendiri hal-hal yang tidak terlalu sulit, misalnya mengambil air minum atau kompres demam sendiri.

Pilih-pilih makanan

Beberapa penyakit memang membuat nafsu makan menghilang. Meskipun begitu jangan selalu dituruti ya. Sebab sebenarnya, makan dengan porsi cukup dan gizi seimbang justru akan mempercepat proses penyembuhan. Jika Anda benar-benar tidak nafsu makan, coba order makanan favorit yang tidak dilarang oleh dokter. Carilah cara untuk membuat perut Anda tetap terisi.

Mood buruk

Orang sakit memang kerap bersikap uring-uringan, akibatnya semua hal jadi terlihat salah di mata Anda dan membuat mood jadi jelek. Dampaknya, orang-orang di sekitar Anda mungkin menjadi pelampiasan mood buruk dan kemarahan Anda. Jika memang mood Anda kurang baik karena kondisi kesehatan, sebaiknya hindari terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain dulu. Tenangkan diri Anda, dan lakukan hal-hal yang bisa menumbuhkan pikiran positif. Misalnya dengan mendengarkan lagu favorit, menonton video lucu, atau beristirahat sejenak hingga mood Anda terasa lebih baik.

ARTIKELTERKAIT

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk
22-February-2018

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk - Yuk kupas tuntas seputar mitos atau fakta, konsumsi .... read more
Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi
15-February-2018

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi - gejala yang membedakan antara sakit kepala belakang (normal) dan darah tinggi. .... read more
4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho
10-February-2018

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho - untuk meredakan sakit kepala, tapi tentunya .... read more