dr. Johan Sp.FK

Lahir di Pangkalpinang, 23 Juni 1985, dr. Johan Sp.FK menjalani studi kedokteran di Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta. Setelah lulus tahun 2009, dr. Johan melanjutkan pendidikan dokternya dan mengambil spesialis Farmakologi Klinik di Universitas Indonesia. Saat ini, dr. Johan aktif sebagai staf pengajar Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

bodrexMENJAWAB

28 November 2017 Q.

Halo dokter Johan, saya mau tanya, apa kontra indikasi dari obat bodrex ini? Dan bagaimana farmakokinetiknya di dalam tubuh kita?

by Louis
A.

Halo, Bapak Louis! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. bodrex dikontraindikasikan pada pasien gangguan fungsi hati yang berat dan pasien yang alergi terhadap paracetamol dan caffein karena bodrex mempunyai komposisi berupa : Paracetamol 600 mg + Caffeine 50 mg pada setiap tabletnya. Secara farmakokinetik, absorpsi paracetamol sangat baik di saluran cerna. Setelah di minum, paracetamol akan mencapai kadar maksimal di dalam darah sekitar 30-60 menit dengan masa paruh plasma antara 2-3 jam. Hanya sekitar 25% paracetamol terikat dengan protein plasma dan mengalami metabolisme di hati untuk menjadi bentuk inaktif. Diekskresi melalui ginjal dan hanya sekitar 3% diekskresi dalam bentuk utuh. Penambahan caffein pada sediaan bodrex tidak mempengaruhi farmakokinetik dari paracetamol secara signifikan, tetapi akan meningkatkan potensi efektifitas paracetamol sebagai analgetik. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

28 November 2017 Q.

Dok, suami saya kadang suka sakit kepala dan selalu sembuh setelah minum bodrex, kalo ngga minum bodrex tidak sembuh sakit kepalanya, jadi seperti ketergantungan kepada bodrex. Apakah itu membahayakan ? dan efek sampingnya apa Dok ? terima kasih.

by Reta
A.

Halo, Ibu Reta! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Pusing/nyeri kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti migren, ketegangan otot leher, kurang tidur, kelelahan, demam/penyakit infeksi, gangguan pada mata, dan lain-lain. Karena banyaknya faktor penyebab serta keluhan nyeri kepala yang berulang, maka saran saya sebaiknya dapat diperiksakan ke dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bodrex hanya berperan untuk meringankan keluhan nyeri kepala yang suami ibu Reta rasakan. bodrex mempunyai komposis berupa : Paracetamol 600 mg + Caffeine 50 mg pada setiap tabletnya. Kombinasi antara Paracetamol dengan Caffeine ini akan memberikan efek yang lebih optimal untuk pengobatan nyeri kepala dibandingkan dengan penggunaan Paracetamol saja. Oleh sebab itu, bodrex tidak menyebabkan ketergantungan tetapi memberikan efek anti-nyeri yang lebih baik dibandingkan paracetamol. bodrex aman untuk dikonsumsi dan jarang menimbulkan efek samping, apabila bodrex digunakan sesuai dengan petunjuk anjuran penggunaan. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

21 November 2017 Q.

Dok, bolehkah setelah minum paracetamol dri resep dokter kemudian saya minum bodrex? pusing Dan badan panas saya tidak sembuh sdh 3x mnm dri resep dokter. tks

by sigit
A.

Halo, Bapak Sigit! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Idealnya bodrex tidak boleh dikonsumsi setelah minum paracetamol, tetapi apabila terdapat jeda waktu setidaknya 4 jam antara minum paracetamol dengan bodrex masih diperbolehkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya overdosis dan efek samping yang tidak diinginkan, dikarenakan dalam kandungan bodrex juga terdapat paracetamol dengan dosis 600 mg. Apabila pusing dan demam yang bapak rasakan masih belum ada perubahan, maka saran saya sebaiknya dikonsultasikan kembali ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

21 November 2017 Q.

Hallo dok apakah kalo kita blm makan boleh minum bodrex flu dan batuk

by Putri
A.

Halo, Ibu Putri! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Bodrex flu dan batuk aman untuk dikonsumsi sebelum makan karena dalam kandungannya tidak terdapat kandungan yang dapat menyebabkan iritasi pada lambung apabila dikonsumsi sebelum makan. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

15 November 2017 Q.

Haloo dok, sy mau nanya donk. Sy ini penderita migren akut, sy sdh kenali migren sy kumat, jika sy kurang istrahat dan lelah, juga masuk mencium bau menyengat, apalg bau badan... Sy tdk pnh sebelumx pux masalah dg bodrex migra, namun 2thn ini klo komsumsi, tdk bbrp detik sy lgsung muntah dok... Pdhl sy cocok skali bodrex migrax. Skrg sy jaga betul agar tdk sampe migran, krn takut muntah2 dan lg pas kepala sakiittt skali.. Tks dok..

by Irma ika susanti
A.

Halo, Ibu Irma! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Bodrex migra mempunyai komposis berupa : Paracetamol 350 mg + Propyphenazone 150 mg + Caffeine 50 mg pada setiap tabletnya. Efek samping yang mungkin muncul pada penggunaan bodrex migra adalah gangguan saluran pencernaan (seperti: mual/muntah) seperti yang ibu rasakan, terutama apabila ibu mempunyai riwayat sakit maag atau dispepsia (dalam bahasa medis) sebelumnya. Untuk mengurangi keluhan tersebut disarankan konsumsi bodrex migra setelah makan. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

10 November 2017 Q.

kenapa saya cocok sama bodrex ya pak dokter ? padahal saya sebelumnya mengkonsumsi obat2 sakit kepala sejenis tapi manjurnya pakai bodrex, apa yg bisa menyebabkan demikian? terimakasih

by irfan
A.

Halo, Bapak Irfan! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Bodrex mempunyai komposis berupa : Paracetamol 600 mg + Caffeine 50 mg pada setiap tabletnya. Kombinasi antara Paracetamol dengan Caffeine ini akan memberikan efek yang lebih optimal untuk pengobatan nyeri kepala dibandingkan dengan penggunaan Paracetamol saja. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

06 November 2017 Q.

Selamat pagi?saya ingin menanyakan bodrek apakah dapat di minum pagi hari belum makan atau sarapan

by ustadi
A.

Halo, Bapak Ustadi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Bodrex dapat dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

06 November 2017 Q.

Mw tanya saya jam 7 mlm minum bodrex flu dan batuk PE trus jm 8 mlm sya olahraga smp jm 10 mlmApa jm 11 mlm saya boleh minum lagi ?

by Finza
A.

Halo, Bapak Finza! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Anjuran mengonsumsi bodrex flu dan batuk PE adalah diminum 3 kali sehari atau setiap 8 jam, sehingga tidak dianjurkan untuk minum bodrex flu dan batuk PE pada pukul 11 malam, karena jarak waktu antara pukul 7 malam smp dengan 11 malam hanya sekitar 4 jam. Hal ini untuk menghindari terjadinya konsumsi obat, tidak sesuai anjuran pakai. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

27 October 2017 Q.

Siang dok, kepala sy sakit sebelah kiri atas, sy rasakan tidak sering, akhir 2 bulan ini sekitar 2x, rasanya seperti rambut nya tertarik, dan sakit pada pelipis, kalau keramas bnyk rontok juga,

by Fera Alfanani
A.

Halo, Ibu Fera Alfani! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Sakit kepala yang ibu rasakan dikenal dengan migraine/sakit kepala sebelah. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari migraine, tetapi biasanya serangan migraine dicetuskan oleh banyak faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, makanan yang mengandung MSG, minuman alkohol, coklat, menstruasi atau bau yang menyengat. Apabila nyeri dirasakan sangat mengganggu, untuk sementara waktu ibu Fera dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol + caffeine atau propyphenazone. Tetapi, apabila nyeri dirasakan terus berlanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

27 October 2017 Q.

maaf sebelumya saya dimas, saya mau nanya ,saya mempunya seorang teman, jd teman saya ini sering mengkonsumsi bodrex tapi cuma di ambil putihnya aja dok, ada efeksampingnya gak sih kalau di gunakan untuk jangka panjang. terimakasih

by dimas
A.

Halo, Pak Dimas! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Seperti yang Bapak sampaikan yaitu kebiasaan meminum bodrex hanya bagian putihnya saja, hal ini tidak berpengaruh terhadap kandungan bodrex yang dikonsumsi. Hanya berpengaruh kepada dosis yang dikonsumsi, yaitu ½ dosis. Untuk kedepannya, dalam mengkonsumsi bodrex, lebih baik mengikuti dosis yang sudah ditetapkan. Boleh di infokan mengenai apa alasan penggunaan bodrex dalam jangka panjang? Jika penggunaan jangka panjang ini untuk mengurangi rasa nyeri yang berkelanjutan. Ada baiknya dapat memeriksakan diri ke dokter, agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan lebih tepat. Baik dari segi pemilihan jenis obat, dosis serta sediaan obat yang akan disesuaikan dengan penyebab penyakitnya . Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

09 October 2017 Q.

Vertigo itu mucuk kenapa ya dok?

by Rani
A.

Halo, Ibu Rani! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Vertigo biasanya disebakan karena terdapat gangguan pada organ keseimbangan tubuh seperti di telinga bagian dalam atau di otak. Beberapa kelainan yang sering menyebabkan vertigo diantaranya : 1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) BBPV biasanya sering berulang dan berlangsungnya singkat, serta berkaitan dengan perubahan posisi kepala. 2. Meniere's disease Pada Meniere’s disease selain vertigo biasanya juga disertai penurunan fungsi pendengaran, rasa berdenging di telinga (tinitus), kadang juga terasa penuh ditelinga. 3. Vestibular Neuritis Kelainan ini biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan vertigo muncul mendadak dan sering terjadi pada malam atau saat bangun tidur di pagi hari. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

18 September 2017 Q.

kalo baring kekiri kadang suka pusing, berputar gt

by @karaitta
A.

Halo, Ibu Karaitta! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Dari keluhan pusing yang ibu ceritakan dalam bahasa medis dikenal dengan vertigo. Vertigo biasanya disebakan karena terdapat gangguan pada organ keseimbangan tubuh seperti di telinga bagian dalam atau di otak. Beberapa kelainan yang sering menyebabkan vertigo diantaranya :

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) BBPV biasanya sering berulang dan berlangsungnya singkat, serta berkaitan dengan perubahan posisi kepala.
2. Meniere's disease Pada Meniere’s disease selain vertigo biasanya juga disertai penurunan fungsi pendengaran, rasa berdenging di telinga (tinitus), kadang juga terasa penuh ditelinga.
3. Vestibular Neuritis Kelainan ini biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan vertigo muncul mendadak dan sering terjadi pada malam atau saat bangun tidur di pagi hari.

Pengobatan vertigo tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, saran saya sebaiknya dikonsulkan ke dokter spesialis saraf untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Sering pusing,padahal tensi normal. Kenapa ya?

by @princess_chilya
A.

Halo, Ibu Chilya! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Pusing/nyeri kepala tidak hanya merupakan gejala dari hipertensi/tekanan darah tinggi tetapi juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti migren, ketegangan otot leher, kurang tidur, kelelahan, demam/penyakit infeksi, menstruasi, gangguan penglihatan, dan lain-lain. Karena banyaknya faktor penyebab, maka saran saya sebaiknya dapat diperiksakan ke dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

apa penyebab dari migren,

by Nor Aidah
A.

Halo, Ibu Nor Aidah! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari migren, tetapi biasanya serangan migren dicetuskan oleh banyak faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, makanan yang mengandung MSG, minuman alkohol, coklat, menstruasi atau bau yang menyengat. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Apa penyebab dari vertigo ?

by Dee Diah
A.

Halo, Ibu Dee diah! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Vertigo biasanya disebakan karena terdapat gangguan pada organ keseimbangan tubuh seperti di telinga bagian dalam atau di otak. Beberapa kelainan yang sering menyebabkan vertigo diantaranya :

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) BBPV biasanya sering berulang dan berlangsungnya singkat, serta berkaitan dengan perubahan posisi kepala.
2. Meniere's disease Pada Meniere’s disease selain vertigo biasanya juga disertai penurunan fungsi pendengaran, rasa berdenging di telinga (tinitus), kadang juga terasa penuh ditelinga.
3. Vestibular Neuritis Kelainan ini biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan vertigo muncul mendadak dan sering terjadi pada malam atau saat bangun tidur di pagi hari.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Mengapa ya leher belakang saya sering pegel skali hingga kepala ikut sakit?

by Kang Opur
A.

Halo, Bapak Kang Opur! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Nyeri atau pegal di daerah leher paling sering di sebabkan karena kekakuan otot. Kekauan otot leher ini akan menyebabkan terjadinya gangguan sirkulasi darah ke otak sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit kepala. Kondisi ini biasanya disebabkan karena aktifitas yang berlebihan, duduk dalam posisi statis dalam waktu yang cukup lama, dan kurangnya relaksasi otot. Untuk mengurangi rasa pegalnya mungkin dapat dilakukan peregangan otot/stretching karena dengan stretching dapat meningkatkan aliran/supply darah ke otot. Peregangan otot sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur karena peregangan yang dilakukan secara teratur dapat membantu menghindari ketegangan dan kekakuan otot. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Saya ingin bertanya kenapa kepala saya yang kiri suka sakit banget bahkan mata pun sampai berasa sakit nya

by Susi AL Faqih Wadewa
A.

Halo, Ibu Susi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Dari keluhan yang ibu ceritakan lebih cenderung ke arah migren dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari migren, tetapi biasanya serangan migren dicetuskan oleh banyak faktor seperti stres, kurang tidur, kelelahan, makanan yang mengandung MSG, minuman alkohol, coklat, menstruasi atau bau yang menyengat. Apabila nyeri masih dirasakan setelah mengonsumsi obat pereda nyeri (seperti paracetamol/ibuprofen), maka saran saya sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna ditentukan penyebab nyerinya. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Sy sring migren, stlah klhiran anak ke 2 (14th) tp suka alergy mata gatal n bengkak, klo minum bodrex extra, n bodrex migra.. Klo bodrex biasa gpp,, knp yaa ??

by Yenny Sisca A Manoz
A.

Halo, Ibu Yenny! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Mungkin ibu alergi terhadap ibuprofen yang terkandung dalam bodrex extra dan propyphenazone yang terkandung dalam bodrex migra, sedangkan untuk bodrex biasa tidak mengandung kedua zat tersebut sehingga ibu tidak mengalami reaksi alergi berupa gatal dan bengkak saat mengonsumsi bodrex. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

18 September 2017 Q.

Kenapa ya kpla saya suka banget sakit sebelah, kadang belakang kalau udh sakit macam mau dipecahkan aja ini kepala, saya sering mnum bodrex migran ya hilang sakit nya tp ntar 2 hari sakit lagi, kalo konsumsi itu terus apa gak ada dampak nya

by Nani Aidha Kurniawan
A.

Halo, Ibu Nani! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Dari keluhan yang ibu ceritakan lebih cenderung ke arah migren. bodrex aman untuk dikonsumsi apabila digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan yaitu diindikasikan untuk meringankan nyeri kepala dengan dosis penggunaan 3x sehari. Bilamana nyeri masih dirasakan setelah penggunaan bodrex, maka saran saya sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna ditentukan penyebab nyerinya. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

25 September 2017 Q.

Dok mau tanya, kalau migrain batuk dan pilek begitu, harusnya minum apa ya?

by Tifa
A.

Halo, Ibu Tifa! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Untuk migrain disertai batuk dan flu mungkin ibu Tifa dapat minum obat bodrex flu dan batuk PE apabila batuk yang dirasakan tidak berdahak, sedangkan apabila batuk dirasakan berdahak dapat mengonsumsi bodrex flu dan batuk berdahak PE. Apabila dalam 2-3 hari keluhan yang dirasakan tidak ada perubahan, maka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

14 September 2017 Q.

Dok, saya mau bertanya, saya mengalami rasa sakit kepala yang mirip yaitu sakit kepala pada bagian luar mata(seperti tertusuk), hingga kebelakang kepala, dan terkadang bola mata seperti mau keluar, sampai ke bawah pangkal alis dan menyebabkan juga gigi bagian atas ngilu (sakit kepala ini bagian kanan dan kiri, namun terkadang salah satu bagian lebih sakit). sejak tahun 2012, berulangkali dan semakin lama semakin sering frekuensi sakitnya.saya sudah pernah konsultasi dan diperkirakan dari gigi bungsu yang miring, lalu sudah saya lakukan operasi untuk ke 2 nya, tetap masih sakit, lalu ke dokter spesialis mata, di berikan resep kacamata (ada minus dan silinder) pada saat pemakaian tambah pusing, apakah saya perlu paksakan dlu menggunakan kaca mata, atau saya perlu analisa lebih lanjut? (fyi jika tidak tahan menggunakan bodrex, langsung ilang sakit kepalanya), terimakasih sebelumnya

by Maike
A.

Halo, Ibu Maike! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Apakah pusing yang ibu rasakan setelah menggunakan kacamata seperti agak melayang?apabila pusing seperti itu yang ibu rasakan mungkin dapat dicoba untuk dilanjutkan penggunaan kacamatanya karena masih dalam proses adaptasi. Tetapi, apabila pusing yang ibu rasakan seperti pusing yang sebelumnya (sakit kepala tertusuk-tusuk dan seperti bola mata mau keluar) maka saran saya dapat dikonsultasikan ke dokter spesialis syaraf untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti CT-scan kepala. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

14 September 2017 Q.

Dok, bodrex obat buat penenang saraf ga? bisa ga buat refreshing pikiran? biasanya saya gampang stress / bosan pas ngerjain tugas, biasanya sih saya minum kopi, kalau tugas banyak bisa minum kopi sampai 4x sehari, susah tidur deh malamnyakalau ga ada tugas jarang sih minum kopi, palingan 1xjadi intinya bisa jadi alternatif ga? buat umur 21, sekali minum maksimal berapa?

by Ryan
A.

Halo, Bapak Ryan! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. bodrex diindikasikan untuk meringankan nyeri kepala dan tidak mempunyai efek sebagai anti-psikotik/anti-depresan. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

14 September 2017 Q.

Hallo dr.joh Apakah penggunaan obat bodrex baik untuk sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri pada punggung dok ?

by Ibnu rusydi
A.

Halo, Bapak Ibnu rusydi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. bodrex baik digunakan untuk meringankan nyeri kepala, dan juga meringankan nyeri pada punggung. Tetapi untuk sakit/nyeri tenggorokan karena didasari oleh proses inflamasi atau peradangan maka obat yang lebih tepat adalah anti-inflamasi seperti golongan NSAIDs (seperti diklofenak) atau kortikosteroid (seperti deksametason). Proses peradangan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus ataupun jamur. Sehingga pengobatannyapun tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, saran saya sebaiknya dikonsulkan ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

23 August 2017 Q.

Bolehkah ibu menyusui minum bodrex

by Cica
A.

Halo, Ibu Cica! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.                                                           
Bodrex mempunyai komposis berupa : Paracetamol 600 mg + Caffein 50 mg pada setiap tabletnya. Paracetamol aman untuk dikonsumsi pada masa menyusui, tetapi untuk caffein apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar masih aman untuk ibu menyusui. Kandungan caffein 50 mg dalam setiap tablet Bodrex setara dengan kandungan caffein dalam 1 cangkir teh. Batas aman konsumsi caffein adalah tidak lebih dari 300 mg/hari atau setara dengan 6 cangkir teh. Oleh karena itu, konsumsi Bodrex dalam dosis yang dianjurkan pada petunjuk penggunaan sebanyak 3 x 1 tablet/hari masih aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Kalau buat darah tinggi, bisa gak pake bodrex?

by Jo Ambrose
A.

Halo, Bapak Jo! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Untuk mengatasi hipertensi, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu mengurangi konsumsi makanan tinggi garam, makan lebih banyak serat dan buah, berolahraga minimal 4-5 kali dalam seminggu, serta mengkonsumsi obat antihipertensi dengan teratur sesuai anjuran dokter.

Untuk mengontrol tekanan darah, anjuran di atas harus dilakukan dengan rutin. Obat yang mengandung parasetamol dan kafein dapat digunakan untuk mengatasi keluhan sakit kepala dan nyeri tengkuk yang dapat disebabkan oleh hipertensi.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

23 August 2017 Q.

Halo Dok, Saya ingin bertanya nih.kemarin kepala bagian depan saya sempat pusing sekali sampai tidak bisa bangun. Sudah cek kedokter tidak ada apa-apa, kira-kira kenapa ya dok? saya takut ada apa-apa di kepala saya.

by Tono
A.

Halo, Bapak Tono! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Apakah pusing yang bapak rasakan seperti kehilangan keseimbangan dan terasa seolah-olah kondisi sekeliling bergerak atau berputar serta kadang disertai mual-muntah. Pusing seperti ini dikenal sebagai Vertigo. Vertigo biasanya disebakan karena terdapat gangguan pada organ keseimbangan tubuh seperti di telinga bagian dalam atau di otak. Beberapa kelainan yang sering menyebabkan vertigo diantaranya :

1. Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
BBPV biasanya sering berulang dan berlangsungnya singkat, serta berkaitan dengan perubahan posisi kepala.
2. Meniere's disease
Pada Meniere’s disease selain vertigo biasanya juga disertai penurunan fungsi pendengaran, rasa berdenging di telinga (tinitus), kadang juga terasa penuh ditelinga.
3. Vestibular Neuritis
Kelainan ini biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan vertigo muncul mendadak dan sering terjadi pada malam atau saat bangun tidur di pagi hari.

Pengobatan vertigo tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, saran saya sebaiknya dikonsulkan ke dokter spesialis saraf untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

 

10 August 2017 Q.

Saya mau bertanya dok. Karena pekerjaan saya mobile, saya sering di jalan sambil mengerjakan kerjaan via laptop. Tapi belakangan ini, kepala suka pusing. itu kenapa yah dok ?

by Nadia
A.

Halo, Ibu Nadia! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing seperti apa yang Anda alami? Apakah terasa sakit kepala seperti diikat atau tegang? Bila keluhan itu yang terjadi, hal tersebut dapat berkaitan dengan kebiasaan menggunakan laptop. Menggunakan laptop dalam waktu lama atau dalam perjalanan dapat menyebabkan kontraksi otot di sekitar kepala dan leher, sehingga menyebabkan keluhan sakit kepala.

Kami anjurkan untuk menghindari kebiasaan tersebut. Bila tak terhindarkan, sebaiknya setiap 20 menit melihat laptop, Anda mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan memejamkan mata atau melihat objek benda yang jauh. Sementara itu, bila keluhan sakit kepala masih mengganggu Anda, obat yang mengandung parasetamol dan kafein dapat Anda konsumsi.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Dok saya mau tanya, kok setiap saya rebahan pasti kepala saya langsung pusing banget, pas saya gerakin pusingnya hilang sementara trus pusing lagi, itu kenapa ya dok?

by Nadira
A.

Halo, Ibu Nadira! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing seperti apa yang Anda alami? Apakah pusing berputar, melayang, atau sakit kepala? Pusing berputar atau melayang yang dipengaruhi oleh perubahan posisi merupakan gejala dari penyakit BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). Gangguan ini merupakan salah satu jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan sistem keseimbangan di telinga.

Untuk memastikannya, kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter THT. Sementara itu, bila hendak berubah posisi dari duduk menjadi berbaring, sebaiknya Anda melakukannya dengan lebih perlahan-lahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Dok, mo nanya? saya sering saikit kepala sebelah. terkadang bisa kambuh tiap hari pada jam tertentu ( lebih tepatnya pagi hari dan malam hari ). itu kenapa ya?saya punya riwayat penyakit darah tinggi, kolesterol, dan Trigliserida. dan obatnya apa ya biar tidak sakit kepala terus menerus. saya sudah minum amlodhipine.Terima kasih

by aam
A.

Halo, Bapak Aam! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan sakit kepala sebelah merupakan gejala migrain. Hal ini belum tentu dicetuskan oleh penyakit darah tinggi dan kolesterol tinggi yang Anda alami. Untuk mengatasi migrain, sebaiknya Anda tidur cukup 6-8 jam per hari, serta dapat mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol dan kafein bila sakit kepala mengganggu aktivitas. Sementara itu, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga harus dikontrol dengan mengkonsumsi banyak serat, berolahraga teratur 4-5 kali/ minggu, serta mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

10 August 2017 Q.

dokter sy mau tanya,, umur sy 41, saya bisa di katakan pecandu bodrex udah skitar 3taunan. sehari sy bisa minum bodrex 2 - 6 butir., karena kalau smpai terlambat minum kepala sy rasanya sperti mau pecah.. nah yg saya tanyakan di sini apakah ini ada efek berbahaya atau tidak jika sy trllu banyak minum obat ini..? makasih sbelumnya..

by tri handoko
A.

Halo, Bapak Tri Handoko! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Sakit kepala seperti apa yang Anda alami? Mengkonsumsi parasetamol dan kafein saat sakit kepala dapat dilakukan. Namun hal yang tak kalah penting adalah mencari tahu hal apa yang mencetuskan keluhan sakit kepala Anda. Oleh karena itu, kami anjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter ahli syaraf untuk mengetahui penyebab sakit kepala berulang yang Anda alami.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

saya sering merasa sakit kepala bila terkena sinar matahari yang terik dan jg bila seminggu sebelum haid kepala saya sering terasa sakit (berdenyut mendesak) terutama dari posisi berdiri kemudian duduk. itu kenapa ya dok.

by Diah Ang
A.

Halo Ibu Diah! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami keluhan Anda.
Sakit kepala akibat sinar matahari dan menjelang haid, yang terasa sebagai sakit kepala berdenyut, disebut dengan migrain. Migrain dapat terjadi pada satu sisi atau kedua sisi kepala.

Perubahan hormon pada wanita, terutama fluktuasi hormon estrogen kerap memicu migrain seperti yang Anda alami. Biasanya migrain terjadi sebelum dan selama haid, ketika kadar estrogen tiba-tiba turun. Sebagian juga cenderung mengalami migrain saat hamil atau menopause. Pil KB hormonal dan terapi hormon juga dapat memperburuk migrain.

Bila nyeri kepala dirasa menganggu, Anda dapat meggunakan antinyeri mengandung ibuprofen, parasetamol atau propyphenazone. Obat-obatan ini dapat Anda peroleh secara bebas. Selain obat, Anda dapat pula mencoba terapi accupressure untuk sakit kepala.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Dok, bertanya saya sering sakit kepala sebelah dan terkadang jika terlalu lelah bisa terjadi vertigo berputar-putar? apakah penyebabnya hanya capek saja dok? atau pola makan saya kurang baik? dan untuk pertolongan pertama yang harus saya lakukan jika kumat?

by indira
A.

Halo Ibu Indira! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami keluhan Anda.
Sakit kepala sebelah atau lebih dikenal dengan migrain merupakan keluhan yang berbeda dengan vertigo (pusing berputar). Pada migrain biasanya terdapat pemicu yang jelas, seperti fluktuasi hormon estrogen pada wanita yang berkaitan dengan siklus haid, makanan tertentu (keju, makanan siap saji), stres psikologis, kelelahan/kurang tidur, cahaya terang/sinar matahari, suara keras atau bau-bauan yang menyengat, aktifitas fisik yang berlebihan, perubahan cuaca dan tekanan udara, serta obat-obatan seperti pil KB atau vasodilator (nitrogliserin).

Sedangkan vertigo disebabkan karena gangguan pada organ keseimbangan di telinga. Gangguan ini menyebabkan otak 'salah persepsi' terhadap posisi tubuh sehingga menimbulkan keluhan pusing hingga mual dan muntah.

Untuk mengatasi migrain, perlu dikenali terlebih dulu pemicunya pada diri Anda, sebisa mungkin hindari dan kelola (seperti stres). Bila migrain sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan antinyeri yang ibuprofen, parasetamol atau propyphenazone.

Untuk mengatasi vertigo, Anda perlu dibantu oleh dokter THT atau dokter spesialis saraf untuk melakukan latihan-latihan yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Latihan Brandt-Daroff, Manuver Semont atau Manuver Epley). Gerakan-gerakan ini akan memperbaiki gangguan keseimbangan yang terjadi sehingga keluhan berkurang.

Selain latihan-latihan tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat untuk mengurangi dan mencegah keluhan vertigo. Makanan yang membantu khususnya yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan, alpukat, dan kacang kedelai.

Untuk pertolongan pertama di kala vertigo muncul, sebaiknya Anda selalu siap sedia obat yang mengandung difenhidramin atau dimenhidrinat.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Dok, saya sering pusing kalau ga minum kopi. Itu kenapa ya Dok?

by Widi Djojosubroto
A.

Halo Bapak Widi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami keluhan Anda.
Kafein akan mengecilkan diameter pembuluh darah di kepala, sehingga ketika Anda memberhentikan konsumsi kafein, pembuluh darah tersebut akan melebar kembali dan menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang berhubungan dengan konsumsi kafein ini disebut dengan caffeine headache. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang secara rutin mengonsumsi kopi berkafein. Penyebab utamanya yaitu caffeine withdrawal atau memberhentikan konsumsi kafein secara tiba-tiba atau mengonsumsi kafein terlalu banyak dalam satu waktu.
Meski kafein dapat menimbulkan sakit kepala, ia juga kerap digunakan untuk mengatasi sakit kepala karena dapat mengurangi peradangan, mengecilkan pembuluh darah dan memperlama kerja obat-obat sakit kepala seperti ibuprofen dan parasetamol.
Untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah:
1. Perhatikan berapa banyak Anda mengonsumsi kafein sehari-hari. Bila  Anda sering mengalmai migrain, sebaiknya konsumsi kafein dikurangi atau dihentikan sama sekali. Tetapi, untuk memberhentikannya harus bertahap. Bila biasanya Anda mengonsumsi 2 cangkir per hari, mulai dengan menguranginya menjadi 1 cangkir per hari.
2. Bila keluhan sakit kepala sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan obat-obatan antinyeri yang mengandung ibuprofen atau parasetamol, konsumsi banyak air putih, cukup istirahat, konsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga. Stres juga perlu dikelola dengan baik. Anda dapat mencoba melakukan teknik relaksasi, meditasi atau pijat untuk mengurangi sakit kepala.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Buk Dokter Yg cantik,saya mau tanya nich, pertama : kenapa ketika saya tidur siang dan terbangun karena tiba-tiba/kaget,lgs sakit kepala saya,bagaimana tu Buk Dokter... yang kedua apa faktor penyebab utama dari sakit kepala (usia matang) dan bagaimana pencegahannya. Terima kasih yaa Buk Dokter yg Baik.

by Burman
A.

"Halo Bapak Burman! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami keluhan Anda.
Sakit kepala setelah bangun mendadak biasanya berkaitan dengan perubahan posisi yang drastis dari berbaring menjadi duduk atau berdiri. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan hipotensi ortostatik atau tekanan darah rendah akibat perubahan posisi. Kondisi ini terjadi bila respon tubuh terhadap perubahan posisi tidak berlangsung dengan cepat. Kondisi ini bisa merupakan bawaan bisa juga kondisional, dalam arti perlu dilatih agar respon tubuh cepat. Salah satunya dengan berolahraga. Di samping itu, bangunlah secara perlahan dari posisi tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Mengenai sakit kepala itu sendiri ada dua macam, sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang sebenarnya tidak ada kelainan anatomi atau fungsional yang mendasari. Kasarnya, bila diperiksakan semuanya normal. Sedangkan sakit kepala sekunder, adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti stroke, abses di kepala, meningitis (radang selaput otak), perdarahan di kepala, atau tumor otak.

Sebagian besar orang mengalami sakit kepala primer yang bisa berupa sakit kepala tegang (tension-type headache) atau migrain. Untuk TTH, pemicu utamanya adalah stres, baik fisik maupun psikologis. Sedangkan migrain dapat dipicu oleh gangguan hormonal (terutama pada wanita), makanan/minuman tertentu, sinar matahari, kurang tidur, atau terlambat makan.

Cara mencegahnya terutama dengan mengenali terlebih dulu faktor pemicu sakit kepala, yang tentunya berbeda-beda pada tiap individu. Utamanya kelola stres dengan baik, cukup istirahat, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta berolahraga 5x30 menit dalam seminggu.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Hai Dok, mau tanya saya beberapa hari ini selalu sakit dibagian belakang kiri kepala.. hanya sebelah yang sakit. Apakah ini migrain atau sakit kepala extra ya? Minta tolong dibantu ya Dok

by Puspita Trisnantari
A.

Halo Ibu Puspita! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami keluhan Anda. Apakah sakit kepala yang dirasakan berdenyut atau terasa seperti diikat? Untuk sakit kepala jenis migrain biasanya berdenyut di satu sisi kepala. Sakit kepala (denyutan) ini akan memburuk atau bertambah hebat dengan aktifitas dan akan mereda ketika Anda berbaring atau duduk. Selain itu, keluhan sakit kepala bisa disertai dengan rasa mual dan muntah atau berkunang-kunang. Pemicunya bermacam-macam, bisa karena makanan tertentu, terlambat makan, kelelahan (kurang tidur), terkena sinar matahari/panas, atau perubahan hormonal saat menjelang haid.

Sakit kepala yang terasa seperti diikat disebut dengan sakit kepala tegang atau tension-type headache (TTH). Pada sakit kepala jenis ini, daerah belakang kepala terasa berat (biasanya di kedua sisi), kencang, yang bisa menjalar sampai ke leher belakang. Pemicunya kerap kali adalah stres (baik fisik maupun psikologis). Sakit kepala jenis ini tidak akan mereda dengan beristirahat (duduk atau berbaring).

Bila sakit kepala teramat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat anti nyeri yang mengandung parasetamol dan/atau ibuprofen. Bila sakit kepala sering kambuh, sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 August 2017 Q.

Dok, benarkah susu itu disarankan untuk tidak diminum kalau sedang sakit batuK?

by trisukma
A.

Halo Bapak Tri Sukma! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Di masyarakat memang berkembang opini bahwa ketika seseorang mengonsumsi susu atau produk susu lainnya, tenggorokan mereka terasa kering, dahak lebih lengket dan lebih sulit menelan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa keluhan ini terjadi karena tekstur dari susu yang cenderung kental. Keluhan tersebut juga bisa terjadi bila mengonsumsi cairan lain yang teksturnya mirip susu.

Dengan kata lain, susu sebenarnya tidak membuat produksi dahak semakin banyak, tetapi dapat membuat dahak yang sudah ada menjadi lebih kental sehingga mengiritasi tenggorokan dan memicu batuk. Kandungan lemak di dalam susu yang diperkirakan membuat dahak mengental. Tetapi, ini bukan berarti Anda harus menghindari susu saat sedang batuk. Yang terpenting adalah minum air puith hangat yang banyak, yang akan membantu mengencerkan dahak sehingga mudah keluar dan mengurangi batuk.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Dok, saya ingin bertanya. Saya sering tiba tiba pusing, sakit kepala luar biasa. Kayanya udah lama sekitar 3 tahunan, kadang ilang sendiri. Apakah itu berbahaya dok? dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

by Nur Indah
A.

Halo, Ibu Indah! Terima kasih telah bertanya melalui fitur #tanyabodrex. Seperti apa sakit kepala yang Anda alami? Sakit kepala berdenyut atau seperti diikat umumnya tidak diketahui pasti penyebabnya. Namun keluhan ini sering dicetuskan oleh stres, kurang tidur, penyakit mag, dan sebagainya. Yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adalah: • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol, kafein, dan ibuprofen • Istirahat • Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat , segeralah datang ke Dokter . Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Indah! Terima kasih telah bertanya melalui fitur #tanyabodrex.

Seperti apa sakit kepala yang Anda alami? Sakit kepala berdenyut atau seperti diikat umumnya tidak diketahui pasti penyebabnya. Namun keluhan ini sering dicetuskan oleh stres, kurang tidur, penyakit mag, dan sebagainya.

Yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adalah:
- Minum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol, kafein, dan ibuprofen
- Istirahat
- Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat , segeralah datang ke Dokter .

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Kepala saya sakit seperti berputar-putar disertai mual dan muntah, obat apa yang harus saya konsumsi? Atau adakah cara lain tanpa minum obat supaya sakit kepala dan muntah saya hilang dok. Terimakasih dokter.

by Sandra
A.

Halo Ibu Sandra! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Keluhan pusing berputar disertai muntah merupakan gejala vertigo. Ada berbagai macam penyebab vertigo, namun penyebab terseringnya adalah gangguan pada telinga. Untuk mengatasinya, kami anjurkan Anda untuk tidur cukup (6-8 jam) di malam hari, menghindari konsumsi alkohol, dan melakukan latihan menggerakkan kepala ke berbagai arah dengan Epley Manuver atau latihan Brandt-Daroff (diajarkan oleh dokter ahli THT atau syaraf, kemudian latihan dilanjutkan di rumah). Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo Ibu Sandra! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing berputar disertai muntah merupakan gejala vertigo. Ada berbagai macam penyebab vertigo, namun penyebab terseringnya adalah gangguan pada telinga.

Untuk mengatasinya, kami anjurkan Anda untuk tidur cukup (6-8 jam) di malam hari, menghindari konsumsi alkohol, dan melakukan latihan menggerakkan kepala ke berbagai arah dengan Epley Manuver atau latihan Brandt-Daroff (diajarkan oleh dokter ahli THT atau syaraf, kemudian latihan dilanjutkan di rumah).

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

11 August 2017 Q.

Selamat sore dokter. Saya mau tanya, bagaimana ciri anemia ketika haid? Saya merasa sangat pusing bahkan berputar-putar, saya sedang haid di hari pertama (tensi jarang sekali normal, biasanya rendah). Apa yang harus saya konsumsi dan saya hindari agar pusing saya ini bisa sembuh dok? Terimakasih.

by Maria
A.

Halo, Ibu Maria! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang dilatarbelakangi oleh berbagai macam penyebab. Beberapa di antaranya adalah kehilangan darah, berkurangnya produksi sel darah merah, atau adanya penghancuran sel darah merah sebelum waktunya. Anemia dapat tidak bergejala. Namun bila cukup berat dapat menyebabkan keluhan lemah, letih, lesu, pusing, sukar konsentrasi, kelelahan, mata berkunang-kunang, mual, sesak napas. Untuk memastikan apakah Anda mengalami anemia atau tidak, Anda harus diperiksa dokter dan melakukan pemeriksaan darah. Sementara itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih 1,5-2 liter per hari dan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti sayuran hijau, daging sapi, dan hati. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Maria! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang sangat sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang dilatarbelakangi oleh berbagai macam penyebab. Beberapa di antaranya adalah kehilangan darah, berkurangnya produksi sel darah merah, atau adanya penghancuran sel darah merah sebelum waktunya.

Anemia dapat tidak bergejala. Namun bila cukup berat dapat menyebabkan keluhan lemah, letih, lesu, pusing, sukar konsentrasi, kelelahan, mata berkunang-kunang, mual, sesak napas. Untuk memastikan apakah Anda mengalami anemia atau tidak, Anda harus diperiksa dokter dan melakukan pemeriksaan darah. Sementara itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih 1,5-2 liter per hari dan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi seperti sayuran hijau, daging sapi, dan hati.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Kepala saya sakit seperti berputar-putar disertai mual dan muntah, obat apa yang harus saya konsumsi? Atau adakah cara lain tanpa minum obat supaya sakit kepala dan muntah saya hilang dok. Terimakasih dokter.

by Rizky Putra
A.

Halo Pak Rizky! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Keluhan pusing berputar disertai mual dan muntah yang Anda alami merupakan gejala vertigo. Ada berbagai macam penyebab vertigo, namun penyebab terseringnya adalah gangguan pada telinga. Untuk mengatasinya, kami anjurkan Anda untuk: - Tidur cukup 6-8 jam di malam hari - Hindari konsumsi alkohol - Latihan menggerakkan kepala ke berbagai arah dengan Epley Manuver atau latihan Brandt-Daroff (diajarkan oleh dokter ahli THT atau syaraf, kemudian latihan dilanjutkan di rumah). Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Halo Pak Rizky! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing berputar disertai mual dan muntah yang Anda alami merupakan gejala vertigo. Ada berbagai macam penyebab vertigo, namun penyebab terseringnya adalah gangguan pada telinga.

Untuk mengatasinya, kami anjurkan Anda untuk:
- Tidur cukup 6-8 jam di malam hari
- Hindari konsumsi alkohol
- Latihan menggerakkan kepala ke berbagai arah dengan Epley Manuver atau latihan Brandt-Daroff (diajarkan oleh dokter ahli THT atau syaraf, kemudian latihan dilanjutkan di rumah).

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Dok saya mau tanya , kan biasanya siang saya suka rebahan trus bangun trus rebahan lagi pas saya bangun kepala saya pusing banget smpe mau jatoh , pusingnya juga kadang dateng sndri dok ,itu penyakit apa ya dok Terimakasih

by Candri Tifany
A.

Halo, Ibu Candrika! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Keluhan pusing yang Anda alami kemungkinan besar merupakan gejala vertigo akibat gangguan di telinga. Pada jenis vertigo ini, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada telinga tersebut. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver, Epley manuever) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Jadi kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter THT atau dokter syaraf untuk mengatasi keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Candrika! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing yang Anda alami kemungkinan besar merupakan gejala vertigo akibat gangguan di telinga. Pada jenis vertigo ini, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada telinga tersebut. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver, Epley manuever) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo.

Jadi kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter THT atau dokter syaraf untuk mengatasi keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

16 August 2017 Q.

malam dok, sy mw tanya uda dalam 2 mgg ini , klo pas mw tidur , ketika berbaring kepala saya terasa pusing beberapa menit setelah itu hilang, itu berlangsung terus sampe skrg, dan ketika miring ke kiri dan kanan jg pusing beberapa menit, apakah berbahaya dok? dan sakit pusing begt apakah ad gejala penyakit apa? terima kasih dokter

by Listu Tantri
A.

Halo, Ibu Listu Tantri! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing seperti apa yang Anda alami? Apakah berdenyut atau seperti sensasi berputar? Keluhan pusing yang dipengaruhi posisi dapat disebabkan oleh tekanan darah yang rendah atau gangguan pada telinga. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda sebelumnya?

Bila tekanan darah Anda cenderung rendah, kami anjurkan untuk memperbaikinya dengan berolahraga teratur 5 kali dalam seminggu. Bila tekanan darah Anda normal, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter THT terkait dengan keluhan Anda ini. Sementara itu, bila pusing dirasakan seperti berdenyut, Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol dan kafein untuk membantu mengatasinya.

Demikian yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

saya mau tanya, kepala saya pusing, padahal kemarin di periksa tekanan darah normal, kira-kira kenapa ya dok, kok di kepala saya kaya nyut-nyut gitu, terimakasih.

by Fauzi
A.

Halo, Pak Fauzi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit kepala berdenyut merupakan gejala dari migrain. Berikut adalah langkah untuk menangani migrain: 1. Untuk mengurangi dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan istirahat. Obat-obatan penghilang rasa nyeri yang dapat digunakan adalah parasetamol, parasetamol dan kafein, atau ibuprofen. 2. Bila terdapat rasa tidak nyaman terhadap cahaya dan suara, kurangi penerangan dan hindari kebisingan Bila terdapat tambahan gejala seperti mual dan muntah, maka dapat diberikan pengobatan anti mual. Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat. >Halo, Pak Fauzi! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit kepala berdenyut merupakan gejala dari migrain. Berikut adalah langkah untuk menangani migrain:

1. Untuk mengurangi dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan istirahat. Obat-obatan penghilang rasa nyeri yang dapat digunakan adalah parasetamol, parasetamol dan kafein, atau ibuprofen.

2. Bila terdapat rasa tidak nyaman terhadap cahaya dan suara, kurangi penerangan dan hindari kebisingan

Bila terdapat tambahan gejala seperti mual dan muntah, maka dapat diberikan pengobatan anti mual. Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Malam dok, jadi begini. Seminggu ini aku kalo bangun tidur suka kerasa pusing. Terus mata berat juga kalo bangun, terus matanya pusing juga dok. Pas aku bangun tidur tuh pulihnya lama. kayak lemes gitu dok dsn lama buat ga lemes lagi pas bangun tidur. Sebelumnya beberapa hari yg lalu aku emg ada penyakit anyang-anyangan dan sudah berobat. Kemudian emg aku kurang istirahat ditambah waktu sahur abis subuh sedikit kurang tidur dan belajar keras. Minggu minggu ini aja sih ksrena ujian. Menurut dokter itu wajar apa ngga? Hilangnya bagaimana? Dan karena apa?

by Doni
A.

Halo, Donny! Terima kasih telah bertanya melalui fitur #tanyabodrex. Pusing seperti apa yang Anda alami? Apakah yang dialami seperti sakit kepala berdenyut atau diikat? Bila itu yang Anda alami, kurang tidur dan terlalu lelah bisa menjadi pencetusnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda tidur 6-8 jam di malam hari, dan Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol dan kafein untuk mengatasinya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Donny! Terima kasih telah bertanya melalui fitur #tanyabodrex.

Pusing seperti apa yang Anda alami? Apakah yang dialami seperti sakit kepala berdenyut atau diikat? Bila itu yang Anda alami, kurang tidur dan terlalu lelah bisa menjadi pencetusnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda tidur 6-8 jam di malam hari, dan Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol dan kafein untuk mengatasinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

27 July 2017 Q.

Dok saya sering merasa pusing. Bahkan dlm posisi terpejam pun, saya msh merasa sekeliling berputar. Perlu diketahui saya kerja setiap hari. Dan jam tidur sgt tdk teratur. Apa yg saya alami dok ? Cara menyembuhkankn gmna ya ? Trimakasih

by Ardelia
A.

Halo Ibu Ardelia! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Keluhan pusing berputar yang Anda alami, kemungkinan besar merupakan gejala vertigo. Ada berbagai macam penyebab vertigo, namun penyebab terseringnya adalah gangguan pada telinga. Untuk mengatasinya, kami anjurkan Anda untuk: - Tidur cukup 6-8 jam di malam hari - Hindari konsumsi alkohol - Latihan menggerakkan kepala ke berbagai arah dengan Epley Manuver atau latihan Brandt-Daroff (diajarkan oleh dokter ahli THT atau syaraf, kemudian latihan dilanjutkan di rumah). Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Dok mau tanya kalau saya abis jongkok,terus bangun/berdiri kepala saya jadi pusing,kepala kaya muter.. Tolong penjelasan nya dokter. Terima kasih

by Rani
A.

Halo, Ibu Rani! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Pusing yang dirasakan saat perubahan posisi dari duduk atau jongkok ke posisi berdiri dapat merupakan tanda tekanan darah rendah (hipotensi). Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan tekanan darah Anda ke dokter terdekat. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Rani! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Pusing yang dirasakan saat perubahan posisi dari duduk atau jongkok ke posisi berdiri dapat merupakan tanda tekanan darah rendah (hipotensi). Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan tekanan darah Anda ke dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

11 August 2017 Q.

Kenapa saya terus merasa pusing setiap bangun diatas jam 9 pagi dok?

by Melly
A.

Halo, Ibu Mellywati! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Pusing seperti apakah yang Anda alami? Apakah keluhannya berupa sakit kepala berdenyut? Jika ya, salah satu pencetusnya adalah karena kurang tidur atau terlalu banyak tidur. Untuk mengatasinya, biasakan tidur 6-8 jam di malam hari. Selain itu, bila keluhan sangat mengganggu aktivitas, Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung paracetamol, ibuprofen, dan kafein. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Mellywati! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Pusing seperti apakah yang Anda alami? Apakah keluhannya berupa sakit kepala berdenyut? Jika ya, salah satu pencetusnya adalah karena kurang tidur atau terlalu banyak tidur.

Untuk mengatasinya, biasakan tidur 6-8 jam di malam hari. Selain itu, bila keluhan sangat mengganggu aktivitas, Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung paracetamol, ibuprofen, dan kafein.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Dok, saya mau bertanya. Kepala saya terasa pusing, mudah lelah, bawaan mata mengantuk, sering kali terkejut, dibagian dada terasa sesak, dan mudah lelah.

by shinta Yulia
A.

Halo, Ibu Shinta! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Keluhan pusing, lemas, mengantuk, dan rasa sesak dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Salah satunya adalah anemia. Apakah Anda pernah memeriksa kadar sel darah merah Anda di laboratorium? Bila belum, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan darah. Sementara itu, sebaiknya Anda juga banyak mengkonsumsi sayuran hijau, daging sapi, dan hati ayam. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Shinta! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Keluhan pusing, lemas, mengantuk, dan rasa sesak dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Salah satunya adalah anemia. Apakah Anda pernah memeriksa kadar sel darah merah Anda di laboratorium?

Bila belum, kami anjurkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan darah. Sementara itu, sebaiknya Anda juga banyak mengkonsumsi sayuran hijau, daging sapi, dan hati ayam.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Malam dok, saya mau tanya akhir akhir ini sya merasakan pusing sempoyongan berasa rumah berputar, telinga berdengung, lalu muntah, tiap sehabis mandi pasti merasakan pusing berputar dan mual sy lg hamil 8 bulan , . apa ada solusi / penanganan apa yg baik buat sy yg kebetilan lg hamil 8 bulan . Apa gejala tersebut dok ? Sy sudah keluhkan ke bidan delima dan sempat di beri obat pusing . Tetap sprti ini .. dikira org tua saya ada hal lain (luar dunia) karna tiap habis mandi pasti terjadi pusing berputar dan mual muntah . tp kalo tidak mandi sy baik baik aaja dok...

by Atika
A.

Halo, Ibu Atika! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan pusing berputar disertai telinga berdengung merupakan gejala vertigo yang disebabkan karena gangguan telinga. Hal ini bisa mempengaruhi proses kehamilan dan persalinan. Kami anjurkan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk diketahui lebih lanjut penyebab dan pengobatannya. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Atika! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan pusing berputar disertai telinga berdengung merupakan gejala vertigo yang disebabkan karena gangguan telinga. Hal ini bisa mempengaruhi proses kehamilan dan persalinan. Kami anjurkan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk diketahui lebih lanjut penyebab dan pengobatannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

11 August 2017 Q.

setiap pagi,saya selalu merasa pusing disertai sakit kepala.terkadang sakitnya muncul setelah saya sarapan,tapi terkadang juga muncul sebelum saya sarapan.ini sudah berlanjut sekitar seminggu.untuk pola istirahat,saya selalu tidur jam 21.00 dan akan terbangun lagi di jam 00.00 ataupun 01.00,dan akan kembali tidur sekitar setengah jam hingga satu jam kemudian.dan pagi akan bangun di jam 05.00 atau jam 05.30. kalau pola makan,saya biasanya mengurangi porsi makan malam. kadang makan malam saya hanya sedikit nasi disertai sayuran ataupun nasi saya ganti dengan jagung atau kentang. saya juga punya riwayat sakit maag. mau nanya dok,apakah pusing disertai sakit kepala ini berhubungan dengan sakit maag saya? disaat pusing,untuk melihat ke sekeliling,mata saya terasa tidak enak,spt mau copot. tapi rasa pusing itu akan berangsur hilang dengan sendirinya stlh agak siang. mengapa begitu?

by Ratih
A.

Halo, Ibu Ratih! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala, namun sebagian besar sakit kepala tidak diketahui pasti penyebabnya. Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan sebagainya. Yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adalah: 1. Minum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol, kafein, dan ibuprofen 2. Istirahat 3. Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang, segeralah datang ke Dokter . Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. >Halo, Ibu Ratih! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyabodrex.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala, namun sebagian besar sakit kepala tidak diketahui pasti penyebabnya. Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan sebagainya.

Yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adalah:
1. Minum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol, kafein, dan ibuprofen
2. Istirahat
3. Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang, segeralah datang ke Dokter .

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

24 July 2017 Q.

Dok.. belakangan ini kepala saya sering pusing. Pusingnya itu berputar2 dan sering bikin mual. Kira2 pencegahannya bagaimana yah dok?Terima kasih

by Paramita
A.

Halo, Ibu Paramita! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Pusing berputar yang disertai mual disebut dengan vertigo. Vertigo kerap disebabkan oleh gangguan pada organ keseimbangan di dalam telinga. Gangguan ini menyebabkan otak 'salah persepsi' terhadap posisi tubuh sehingga menimbulkan keluhan pusing hingga mual dan muntah.

Keluhan yang kahas yaitu pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Untuk benar-benar mengatasi vertigo yang sering kambuh, Anda perlu dibantu oleh dokter THT atau dokter spesialis saraf untuk melakukan latihan-latihan yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Latihan Brandt-Daroff, Manuver Semont atau Manuver Epley). Gerakan-gerakan ini akan memperbaiki gangguan keseimbangan yang terjadi sehingga keluhan berkurang.

Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan ini di rumah agar telinga Anda beradaptasi dengan posisi tersebut. Manuver tersebut biasa dikombinasi dengan obat-obatan yang diminum untuk mengurangi gejala.

Selain latihan-latihan tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan sehat untuk mengurangi dan mencegah keluhan vertigo. Makanan yang membantu khususnya yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan, alpukat, dan kacang kedelai.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

Selamat Pagi Dokter .. Penyebab Utama Sakit Kepala Bagian Belakang kadang tidak seberapa sakit namun kadang sakitnya luar biasa dan tulang leher saya ketika bangun tidur selalu bebrbunyi krek- ketika saya gerakkan ? disebabkan karena apa ya dok terima kasih informasinya

by Elli Natalih Rustianingsih
A.

Halo, Ibu Elli! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Sakit kepala bagian belakang disebut juga dengan sakit kepala tegang atau tension-type headache (TTH). Pada TTH, sakit kepala bersifat tumpul, dan terasa seperti ada yang menekan/mengikat kepala. Rasa nyerinya dapat terasau sampai ke leher.

Pemicu utamanya ialah stres, yang kerap timbul di siang/sore/malam hari setelah lama bekerja atau beraktifitas. Pemicu lainnya yaitu gangguan tidur, posisi tubuh yang salah saat bekerja (postur yang kurang baik atau work station tidak ergonomis), waktu makan yang tidak teratur, mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer/gadget, gangguan cemas, hingga anemia.

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH.

Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. Mengenai apa pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang memeriksa Anda langsung.

Terkait dengan suara 'krek' yang muncul saat leher digerakkan, disebut dengan krepitus. Krepitus muncul akibat gesekan permukaan tulang dengan tulang atau jaringan pembungkus tulang seperti ligamen.

Krepitus dapat muncul pada sendi yang sehat, namun juga bisa merupakan akibat dari cedera atau peradangan sendi. Bedanya adalah krepitus pada sendi yang sehat tidak disertai rasa sakit.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

Dok kenapa ya, saya terkena debu sedikit aja udah flu,terus gk bisa kena hujan, apa lagi kalau udara dingin seperti sekarang ini. Bawaannya bersin terus.

by Acep
A.

Halo, Bapak Acep! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Yang Anda alami sepertinya berhubungan dengan bersin-bersin akibat alergi atau nama lainnya rinitis alergi.

Penyebab rinitis alergi adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah perubahan cuaca/suhu udara, tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat alergi sebelumnya dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi.

Pengobatan untuk rinitis alergi tergantung seberapa parah gejala Anda, dan seberapa banyak kondisi ini mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda.
Bila hal ini teramat mengganggu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri secara langsung dengan dokter. Bila perlu, Anda dapat menemui dokter spesialis THT.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

Dok.. Saya sedang hamil Muda, belakangan ini sering pusing dan keleyengan. Apakah berbahaya untuk saya yg lagi hamil muda? lalu kira2 obat yg bisa dikonsumsi untuk ibu Hamil apa yah dok. Terima kasih dokter

by Ratna
A.

Halo, Ibu Ratna! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Nyeri kepala atau pusing saat hamil muda sering dialami oleh 90% wanita hamil. Ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon, faktor stres, atau asupan makanan yang kurang.

Anda dapat mencoba mengatasinya dengan berjalan kaki setiap pagi atau sore hari agar dapat menghirup udara segar. Anda juga perlu istirahat yang cukup atau melakukan pemijatan agar tubuh rileks. Tak lupa, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Bila pusing atau sakit kepala tidak teratasi dengan cara-cara tersebut, Anda boleh mengonsumsi obat yang mengandung parasetamol. Parasetamol merupakan obat yang paling aman untuk wanita hamil.

Bila keluhan tak kunjung sembuh, memburuk atau disertai keluhan lain seperti lemas, letih, gangguan konsentrasi, dan sesak nafas, segera periksakan diri ke dokter kandungan dan kebidanan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

Siang Dok.. Saya mau bertanya gejala pusing yg berlebihan apakah berbahaya dok? Dan cara mengatasinya bagaimana yah dok? Karena saya sering bekerja diluar kantor alias mobile. Terima kasih

by Iqbal
A.

Halo, Bapak Iqbal! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Pusing yang Anda maksud apakah pusing berputar atau nyeri kepala?
Bila yang dimaksud pusing berputar, ini terkait dengan vertigo. Penyebab tersering adalah gangguan pada telinga. Untuk mengatasinya diperlukan obat antivertigo dan latihan khusus (Latihan Brandt-Daroff, Manuver Semont atau Manuver Epley) sehingga keluhan dapat dikurangi.

Sedangkan nyeri kepala, ada 3 macam yang kerap ditemui:
1. Nyeri kepala tegang (tension-type) yang biasa terjadi di kepala belakang hingga leher. Nyeri kepala sifatnya tumpul, rasa seperti ada yang menekan/mengikat atau tertindih benda berat di sekitar dahi atau belakang kepala hingga leher. Jenis sakit kepala ini seringkali disebabkan karena stress dan paling sering terjadi pada orang dewasa.
2. Migrain, atau nyeri kepala berdenyut. Jenis nyeri kepala ini lebih banyak terjadi pada wanita. Seseorang yang mengalami migrain biasaya juga memiliki gejala lain seperti mual, muntah, hingga sensitif terhadap suara atau cahaya. Pada saat serangan migrain, umumnya penderita lebih nyaman tidur atau berbaring di ruang gelap. Pemicunya bermacam-macam, yaitu faktor hormonal, emosi, kelelahan/kurang tidur, makanan/minuman tertentu, olahraga, dan faktor lingkungan (cahaya yang silau, bau rokok, bising suara, perubahan kelembapan atau suhu udara, bau-bauan yang menyengat).
3. Cluster headache atau nyeri kepala yang terasa di sekitar dan belakang mata. Nyeri ini lebih jarang terjadi. Saat serangan, intensitas nyeri sangat berat walaupun singkat.

Untuk ketiga macam nyeri kepala ini umumnya diberikan obat-obatan antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Obat khusus untuk tiap jenis nyeri juga bisa digunakan, tentunya sesuai saran dokter. Di samping itu, Anda perlu memperhatikan pula hal-hal apa yang menjadi pemicu nyeri kepala dan menghindarinya.

Bila nyeri kepala berlangsung terus-menerus, mengganggu aktivitas, atau berlangsung lebih dari 3 bulan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

Aku mau nanya dong, kalau sakit kepala ketika dipesawat itu kenapa dan gimana cara mengatasi-nya?

by Dior Garnusa
A.

Halo, Bapak Dior. Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Keluhan sakit kepala saat naik pesawat dapat terutama terjadi bila sedang mengalami hidung tersumbat atau pilek.

Saat hidung tersumbat atau pilek, saluran tuba eustachius (saluran yang menghubungkan antara hidung dan telinga) tertutup. Sehingga bila terjadi perubahan tekanan saat pesawat akan terbang atau akan mendarat, terjadi peningkatan tekanan di daerah tuba eustachius yang dapat menimbulkan sensasi sakit kepala.

Untuk mengatasinya, jika harus bepergian dengan pesawat saat hidung tersumbat, Anda dapat mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan, misalnya phenylpropanolamine.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

24 July 2017 Q.

Apa bedanya migrain sama sakit kepala mencengkram ya dok? Saya suka sakit kepala tapi rasanya berputar2 dan mual

by Irma Ade
A.

Halo, Ibu Irma! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Terdapat beberapa jenis sakit kepala, antara lain:
- Migrain: jenis sakit kepala ini ditandai dengan sakit kepala berdenyut, umumnya di satu sisi kepala, dapat disertai dengan gejala mual muntah.
- Tension type headache: sering disebut sakit kepala tegang yang ditandai dengan sensasi seperti diikat pada seluruh kepala. Tengkuk pun sering terasa kaku.
- Cluster headache: sakit kepala terutama dirasakan seperti tertusuk di sekitar mata. Sering disertai gejala mata dan hidung berair.

Untuk mengatasi ketiga jenis sakit kepala di atas, obat yang mengandung antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen dapat dikonsumsi.

Sementara itu, keluhan pusing berputar merupakan gejala dari vertigo. Penyebab tersering dari vertigo adalah gangguan pada sistem keseimbangan di telinga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

07 July 2017 Q.

Dok, kenapa ya saya kalau abis olahraga suka pusing?

by Irwan K
A.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Bodrex. Sakit kepala yang muncul setelah olahraga disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah yang dapat menyebabkan teregangnya saraf dan menghasilkan nyeri. Jika hal ini terjadi, bukan berarti Anda harus berhenti olahraga. Effort migraine biasanya disebabkan oleh olahraga yang terlalu berlebihan atau olahraga ekstrim. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga: 1. Pemanasan Pemanasan penting untuk mencegah sakit kepala pasca olahraga karena membuat tubuh bekerja secara bertahap. 2. Mulai dari intensitas ringan Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak, selalu mulai dari intensitas ringan kemudian bertahap naik. Olahraga angkat beban merupakan salah satu jenis olahraga yang sering menimbulkan sakit kepala pasca olahraga. 3. Cukupi kebutuhan cairan Pada kondisi dehidrasi kekurangan cairan, respons tubuh terhadap stres lebih buruk. Selain itu, asupan cairan yang cukup akan membantu metabolisme tubuh lebih baik. 4. Buat jadwal olahraga secara teratur Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Exercise Physiology, migraine biasanya muncul pada mereka yang memiliki jadwal olahraga tidak teratur. Misalnya pada mereka yang baru memulai olahraga lagi setelah berhenti olahraga pada periode waktu tertentu. Bila Anda mengalami sakit kepala setelah olahraga, Anda dapat juga mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol dan kafein untuk meredakan sakit yang Anda alami. Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

24 July 2017 Q.

hy doc .. kalau saat tidur pusing di kepala tidak terlalu .. tetapi saat bangun dari tidur .. dunia sdikit terasa berputar dan agak sempoyongan ... kira kira bodrex extra bisa ga yah ? makasih dari saya Garry

by Garry Cezar Rahmatullah Monoarfa
A.

Halo, Bapak Garry! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan pusing berputar dan sempoyongan sangat mungkin disebabkan karena vertigo. Penyebab tersering dari vertigo adalah gangguan pada telinga.

Sementara itu, bila Anda juga merasakan keluhan sakit kepala berdenyut atau kepala terasa tegang, obat yang mengandung parasetamol, ibuprofen, dan kafein seperti yang Anda tanyakan dapat dikonsumsi.

Bila setelah itu keluhan Anda belum membaik, Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter ahli THT. Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

24 July 2017 Q.

Apakah sehabis makan kebab atau berbau daging boleh menkonsumsi bodrex

by Yuni
A.

Halo Ibu Yuni! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Bodrex mengandung paracetamol dan kafein. Sementara itu, kebab atau makanan mengandung daging lainnya merupakan sumber protein. Protein tidak berinteraksi dengan paracetamol dan kafein.

Oleh karena itu, obat yang mengandung paracetamol dan kafein tetap dapat dikonsumsi dengan aman setelah makan kebab atau produk daging lainnya. Makanan atau minuman yang perlu dihindari selama mengkonsumsi obat ini adalah makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

24 July 2017 Q.

Dok saya konsumen bodrex, sekitar 2hr yg lalu saya beli bodrex 1 blister, terus saya menemukan tablet yg beda dr tablet lainnya, warnanya oranye semua terus ada warna oranye yg sedikit terang kayak kena air, jadi sayapisahkan dulu tablet tersebut. Pertanyaannya apa memang itu udah biasa atau gimana ? Terima kasih

by Rahmat
A.

Halo, Bapak Rahmat! Terima kasih telah menggunakan fitur #tanyaBodrex.

Mohon maaf terkait pertanyaan Anda, kami tidak dapat menjawab karena butuh melihat langsung bentuk fisik obat untuk dapat memastikan apakah obat tersebut tetap aman dikonsumsi.

Kami anjurkan Anda untuk menanyakannya kepada apoteker di apotik terdekat dari lokasi Anda. Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

06 July 2017 Q.

Hai Dok, ingin bertanya. Sekitar kurang lebih 10 tahun lalu, Ibu saya pernah mengalami cedera di leher saat sedang berlibur (tergulung ombak saat sedang bermain boogie board) dan sudah sempat menggunakan cervical collar. Tapi semenjak itu, beliau sering sekali pusing dan bahkan sampai susah memejamkan matanya, karena jika terkena sinar pusingnya bertambah. Hal ini sudah pernah ditanyakan ke dokter sebelumnya, namun katanya hanya kecapaian. Please advice kira2 ada kemungkinan lain apa yang terjadi. Thanks dok

by Artiliani Kayadi
A.

Halo ibu Artiliani, Apakah dulu saat cedera di leher pernah dilakukan pemeriksaan seperti MRI atau CT scan daerah leher dan kepala?karena berdasarkan dari keluhan pasien seperti pusing disertai dengan kesulitan untuk memejamkan matanya kemungkinan adanya cedera pada saraf. Oleh karena itu, saran saya sebaiknya dikonsulkan ke dokter spesialis saraf untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Maaf dan terima kasih untuk kesediaannya dalam hal ini, saya mau tanya, bolehkah bodrex dengan komposisi: parasetamol 600 mg, kofein 50 mg dikonsumsi saat flu? Terima kasih.

by Leonardo
A.

Halo Bapak Leonardo, untuk bodrex dengan komposisi paracetamol + Caffein boleh saja dikonsumsi saat flu tapi kurang tepat karena tidak dapat memperbaiki keluhan flu yang bapak rasakan. Untuk mengurangi keluhan flu dibutuhkan decongestans seperti pseudoefedrin, fenilpropanolamin, phenylephrin, dll. oleh karena itu, saat flu lebih baik mengkonsumsi bodrex flu & batuk karena mengandung decongestans berupa phenylephrin untuk mengurangi keluhan flu yang bapak rasakan. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

11 August 2017 Q.

Apakah bodrex aman untuk ibu hamil?

by yusuf
A.

Halo Bapak Yusuf, Bodrex mempunyai komposis berupa : Paracetamol 600 mg + Caffein 50 mg pada setiap tabletnya. Paracetamol aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, tetapi untuk caffein sampai saat ini masih menjadi kontroversi untuk keamanannya pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena belum ada rekomendasi mengenai batas dosis aman caffein untuk ibu hamil. Caffein selain terkandung dalam obat-obatan, juga terkandung dalam kopi dan teh. Dalam 1 cangkir kopi rata-rata mengandung 100 mg caffein dan dalam 1 cangkir teh mengandung sekitar 50 mg caffein. Caffein dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan peningkatan aktifitas dan irama jantung pada janin/fetus. Oleh karena itu, selama masa kehamilan juga perlu diperhatikan jumlah kopi dan teh yang dikonsumsi setiap hari. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

15 June 2017 Q.

Bagaimana caranya mengatasi stress saat melakukan pekerjaan?

by Hendra Gunawan
A.

Halo Bapak Hendra, stres di tempat kerja terkadang memang sulit untuk dihindari. Apalagi tuntutan tinggi dari pekerjaan itu sendiri. Beberapa tips dibawah ini, mudah-mudahan dapat mengurangi stres di tempat kerja :

1. Selalu bersyukur
2. Bergaul dengan banyak orang, terutama dengan orang-orang yang mendukung anda dan anda merasa sangat santai serta sangat menyenangkan apabila berada disekitar mereka.
3. Kembali pada pekerjaan yang anda sukai
4. Cobalah melakukan meditasi. Karena dengan meditasi dapat menumbuhkan rasa ketenangan dan kedamaian sehingga dapat berdampak positif terhadap kesehatan anda
5. Cobalah mengistirahatkan diri anda sejenak. Apabila anda sudah merasa stres sangat mengganggu maka cobalah anda melupakan pekerjaan anda sejenak dan mencari hiburan atau pergi berlibur yang dapat membuat anda bahagia/tertawa.

Tapi yang paling utama untuk mengatasi stres adalah kenali penyebab anda mengalami stres pada pekerjaan anda supaya bisa mencari solusi yang terbaik. Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.


TIPS &ARTIKEL

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex
28-November-2017

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex

Bolehkah Ibu Menyusui Minum bodrex - Sakit kepala bisa datang menyerang siapa saja,termasuk ibu menyusui. Jika sudah begitu, rasanya serba ... read more
Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu
27-November-2017

Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu

Jangan Sampai Hal ini Ganggu Pekerjaanmu - Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan peradangan sehingga membuat flu dan batuk Anda bertambah ... read more
Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala
24-November-2017

Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala

Pilihan Fashion Items yang Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala - Coba lihat daftar aksesori di bawah ini, apakah Anda pernah ... read more
Kecanduan Kopi Hingga Sakit Kepala Atasi dengan Cara Ini
23-November-2017

Kecanduan Kopi Hingga Sakit Kepala Atasi dengan Cara Ini

Kecanduan Kopi Hingga Sakit Kepala? Atasi dengan Cara Ini - Untuk menghilangkan caffeine headache, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut. ... read more
Kapan Sakit Kepala Harus Diperiksakan ke Dokter?
22-November-2017

Kapan Sakit Kepala Harus Diperiksakan ke Dokter?

Kapan Sakit Kepala Harus Diperiksakan ke Dokter? - Sakit kepala pada umumnya adalah hal biasa, namun jika sakitnya tidak kunjung ... read more
Jadi Partner Traveling Menyenangkan dengan Cara Ini
01-November-2017

Jadi Partner Traveling Menyenangkan dengan Cara Ini

Jadi Partner Traveling Menyenangkan dengan Cara Ini - Lantas gimana sih caranya jadi partner traveling yang disukai teman-teman? ... read more
Tanpa Sadar Anda Sering Melakukan
31-October-2017

Tanpa Sadar Anda Sering Melakukan "Perilaku Sakit" Berikut Ini

Tanpa Sadar, Anda Sering Melakukan ... read more
Mengenali Penyebab dan Ciri Sakit Kepala Bagian Belakang
31-October-2017

Mengenali Penyebab dan Ciri Sakit Kepala Bagian Belakang

Mengenali Penyebab dan Ciri Sakit Kepala Bagian Belakang - Di bawah ini terdapat beberapa penyebab sakit kepala belakang, mungkin salah ... read more
Coba Cara Tradisional Ini untuk Redakan Gatal di Tenggorokan
30-October-2017

Coba Cara Tradisional Ini untuk Redakan Gatal di Tenggorokan

Coba Cara Tradisional Ini untuk Redakan Gatal di Tenggorokan - seringkali muncul diiringi penyakit penyerta seperti radang tenggorokan, batuk berdahak, ... read more